RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA ..................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Program :
XI (Sebelas) / IPA
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.
Kompetensi Dasar : 2.2. Menurunkan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
Indikator : 2.2.1. Menyatakan perkalian sinus dan cosinus
dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
2.2.2. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
2.2.2. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
2.2.3. Membuktikan rumus trigonometri sinus dan
cosinus jumlah dan selisih dua sudut.
2.2.4 Membuktikan
rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran ( 6 X 45 menit ).
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa mempelajari materi ini
diharapkan:
1.
siswa
dapat menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus
atau cosinus,
2. siswa
dapat menggunakan rumus
trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah,
3.
siswa
dapat membuktikan rumus
trigonometri sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut, dan
4. siswa
dapat membuktikan rumus
trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.
B.
Materi Pembelajaran
Trigonometri ( jumlah dan selisih cosinus,
sinus, dan tangen).
C.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Inkuiri.
2.
Metode
Tanya Jawab.
3.
Metode
Diskusi.
4.
Metode
pemberian tugas.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi: Guru memberi salam, berdo’a bersama sebelum
kegiatan belajar, melakukan presensi dan mengecek kesiapan peserta didik.
Mengingat kembali mengenai rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut.
Motivasi: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa
diharapkan dapat menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau
selisih sinus atau cosinus.
|
5 menit
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket, lks, atau buku-buku penunjang lain) mengenai cara menyatakan perkalian sinus dan
cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
b. Siswa menurunkan rumus jumlah dan
selisih cosinus.
c. Siswa menurunkan rumus jumlah dan
selisih sinus.
d. Siswa menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau
selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal.
|
10 menit
15 menit
15 menit
20 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan
dirumah.
c. Guru menutup pelajaran dengan salam dan
do’a.
|
10 menit
5 menit
5 menit
|
ALOKASI WAKTU
|
90 menit
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi: Guru memberi salam, berdo’a bersama sebelum
kegiatan belajar, melakukan presensi dan mengecek kesiapan peserta didik.
Mengingat kembali mengenai perkalian
sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa
diharapkan dapat menggunakan rumus trigonometri jumlah dan
selisih dua sudut dalam pemecahan masalah, serta membuktikan rumus
trigonometri sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut.
|
5 menit
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Guru membahas PR.
b. Siswa diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas
mencari materi dari buku paket, lks, atau buku-buku penunjang lain) mengenai
cara menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam
pemecahan masalah, serta membuktikan rumus trigonometri sinus dan cosinus
jumlah dan selisih dua sudut.
c. Siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus-rumus jumlah atau selisih dua sinus
dan jumlah atau selisih dua cosinus.
d. Siswa menerapkan rumus trigonometri sinus
dan cosinus jumlah dan selisih dua
sudut dalam menyelesaikan soal.
e. Guru memberikan
soal latihan siswa untuk dikerjakan.
|
10 menit
10 menit
15 menit
10 menit
15 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan
dirumah.
c. Guru menutup pelajaran dengan salam dan
do’a.
|
10 menit
5 menit
5 menit
|
ALOKASI WAKTU
|
90 menit
|
Pertemuan ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi: Guru memberi salam, berdo’a bersama sebelum
kegiatan belajar, melakukan presensi dan mengecek kesiapan peserta didik.
Mengingatkan kembali mengenai rumus trigonometri ( sinus, cosinus, dan
tangen) jumlah dan selisih dua sudut.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik,
maka siswa diharapkan dapat membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua
sudut.
|
5 menit
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Guru membahas PR.
b. Siswa diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket, lks, atau buku-buku penunjang lain)
mengenai cara membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus
dan cosinus dua sudut.
c. Siswa memanipulasi rumus
yang ada untuk menurunkan rumus baru.
d. Siswa berdiskusi
kelompok membuktian soal-soal yang
melibatkan beberapa konsep trigonometri.
e. Guru memberikan soal latihan siswa untuk
dikerjakan.
|
10 menit
10 menit
10 menit
15 menit
15 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan
dirumah.
c. Guru menutup pelajaran dengan salam dan
do’a.
|
10 menit
5 menit
5 menit
|
ALOKASI WAKTU
|
90 menit
|
E.
Alat dan Sumber Pembelajar
Alat:
1.
White
board
2.
Spidol
3.
Penghapus
Sumber Pembelajaran:
1.
Buku
Matematika Jilid 2 IPA, SMA Kelas XI, karangan Sartono Wirodikromo, Erlangga
2007 ( hal. 82-102).
2.
Buku BSE
Matematika Jilid 2 IPA, SMA dan MA Kelas XI, karangan Nugroho Sudyarto dan
Maryanto, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2008 ( hal. 107-115 ).
3.
LKS.
F.
PENILAIAN
Teknik :
Tugas Individu, Tugas Kelompok
Bentuk Instrumen : Tes
Tertulis Uraian
G.
Kisi-kisi:
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Jumlah Soal
|
|
1.
Menyatakan
perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
2. Menggunakan rumus trigonometri jumlah
dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
3. Membuktikan rumus trigonometri sinus dan
cosinus jumlah dan selisih dua sudut.
4. Membuktikan rumus trigonometri jumlah
dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.
|
Tugas Individu
|
Tes tertulis uraian
|
3
3
3
3
|
Kebumen, April 2011
Mengetahui,
Dosen
pembimbing
Puji Nugraheni, S.Si. M.Pd.
NIDN.
|
Mahasiswa
Praktikan
Triana Agus Safarina
NIM.
082143309
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar